Guru SMP Negeri 3 Jabung Gunakan Aplikasi Penilaian K13 Buatan Personilnya - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Thursday, December 14, 2017

Guru SMP Negeri 3 Jabung Gunakan Aplikasi Penilaian K13 Buatan Personilnya


Menjelang akhir semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 guru SMP Negeri 3 Jabung disibukkan pembuatan nilai dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan sistem penilaian pada Kurikulum tahun 2013 (K13) di ruang dewan guru Selasa (12/12/17).

Pengisian Raport K13 ini dilakukan dengan menggunakan Aplikasi buatan salah satu personil guru SMP Negeri 3 Jabung. 

Menurut Aris Risna Kurniawan "pengisian raport K13 kami menggunkan aplikasi buatan sendiri itu lebih mudah karna jika ada yang kurang difahami maka guru bisa langsung bertanya kepada pak Nanang selaku pembuat aplikasinya,"

Menurut Aris yang menjabat Wakil Kepala bidang kurikulum dengan menggunakan aplikasi untuk sistem penilaian K13 bagi kelas VII sangat mudah dilakukuan bagi guru yang telah menguasai dan biasa menggunakan Informasi Teknologi (IT). “ Bagi guru yang masih gaptek (gagap teknologi) tentu saja mereka akan kesulitan, tapi dengan kerjasama dan saling bantu diantara para guru maka semua menjadi lebih mudah,” ujar Aris.

Kesibukan terlihat dijam istirahat, dimana masing-masing guru fokus dengan laptopnya masing-masing untuk mengisi tiap nilai mata pelajaran yang telah selesai dikoreksi serta dihitung untuk kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi penilaian K13 yang sudah tersedia.

Lebih lanjut guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Rokhayah menambahkan bahwa aplikasi dengan menggunakan penilaian K13 menjadi lebih cepat karena sebelumnya data-data para siswa sudah diisi terlebih dahulu. “Saat ini saya tinggal mengisi nilai ulangan akhir saja diaplikasi ini, karena data-data sebelumnya baik mengenai nama, Nomor Indik Siswa (NIS), nilai tugas, dan harian sudah saya isikan terlebih dahulu,” tegasnya. 

Sementara itu Kepala SMP Negeri 3 Jabung Yulianus Triyono, S.Pd. mengharapkan, semua hasil rekap nilai para siswa akan selesai sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. “Mengingat pengisian dengan menggunakan aplikasi penilaian K13 tergolong baru diterapkan, mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti dalam hal pengisian raport nantinya,”

Pembagian Rapor rencananya akan dibagikan pada hari sabtu tanggal 16 Desember 2017.*
test banner

No comments:

Post a Comment