Video : Tentang Hari Guru dan PGRI - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Friday, November 24, 2017

Video : Tentang Hari Guru dan PGRI

Tanggal 25 November sebagai jawaban dan sekaligus diperingati hari guru nasional. Selain itu pula lah, tanggal ini merupakan tanggal dimana organisasi PGRI itu telah lahir. Selain itu taukah anda kenapa tanggal ini begitu spesial bagi guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut?

Sejak sebelum kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Para penggiat pendidikan di nusantara telah mendirikan perkumpulan dan organisasi bernama persatuan guru hindia belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. Anggotanya merupakan kalangan dari guru bantu, Guru desa, kepala sekolah dan juga penilik sekolah yang bekerja di sekolah yang ada di tanah air.

Kemudian dengan kuatnya keinginan untuk merdeka dan mendirikan negara sendiri bernama Indonesia membuat pengurus dan juga anggota dari PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1923.

Usai kemerdekaan pada 17 agustus 17 agustus 1945, pengurus dan juga anggota dari PGI mengadakan kongres guru indonesia yaitu tepat pada 100 hari setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 – 25 November 1945. Kongres ini berlangsung di surakarta dan mengikrarkan para guru untuk mendukung NKRI. Dan pada saat itu juga organisasi PGI berubah nama menjadi PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia.


Semua hal ini berdampak pada kebijakan pemerintah yang telah memutuskan melalui Kepres No 78 Tahun 1994 yang menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. ini merupakan balas jasa atas pengorbanan para pahlawan tanpa tanja jasa untuk mendukung NKRI.

Kemudian hal ini dipertegas lagi pada tahun 2005 tentang guru dan dosen yang juga menetapkan bahwa tanggal 25 November merupakan Hari Guru Nasional yang kerap diperingati bersama dengan Ulang tahun PGRI.

Semoga para pahlawan tanda jasa selalu dapat bisa berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga dapat meningkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun.

Terakhir itu saja yang bisa kami sampaikan pada tulisan diakhir ini. Semoga senang membacanya dan harapan dari Kami adalah Hormatilah Guru dan Sayangilah Temanmu. Hal ini sama seperti lirik lagu sering Kita dengar semenjak Kita masih duduk dibangku sekolah.