Cara Menumbuhkan Kembali Minat Baca Peserta Didik - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Tuesday, August 6, 2019

Cara Menumbuhkan Kembali Minat Baca Peserta Didik



SMPN3JB - Budaya membaca untuk tingkat sekolah menengah kini sudah mulai memudar, terbukti ketika dewan guru mengeluhkan tentang tugas yang diberikan kepada peserta didik.


"Pusing saya pak ketika memberikan tugas pada anak-anak, setiap dikasih tugas hampir mayoritas tidak ada yang mengerjakannya," terang salah seorang pendidik yang enggan disebutkan namanya.


Mengatasi masalah tersebut sebenarnya gampang-gampang sudah, karna itu berkaitan terhadap minat dari diajak kepada mata pelajaran dan juga pengajarnya.


Pengajar harus mampu mencari cara bagaimana peserta didik mau melakukan kembali budaya membaca ketika diberikan tugas ataupun dengan kesadarannya sendiri.


Dari hasil observasi kurangnya minat anak dalam membaca ternyata dipengaruhi dengan adanya kemajuan teknologi berupa telekomunikasi. Fasilitas yang diberikan kepada peserta didik oleh orang tua ini ternyata banyak terlepas dari pengawasan orang tua, sehingganya anak-anak menjadi tak memiliki batasan waktu kapan mereka berhenti menggunakannya.


Dari hasil observasi tersebut maka perlu sebuah terobosan atau inovasi agar anak tetap membaca namun tidak menyalahkan arus teknologi.


Nanang yang menjabat Waka Bidang kesiswaan memberikan sebuah solusinya, Nanang memberikan tugas belajar untuk anak didik melalui forum grup WA yang sudah dibuatnya.


"Tugas atau materi yang akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya selalu saya kirimkan melalui pesan grup WA dan untuk kemudian anak mencatat poin penting dari materi tersebut, maka dengan sendirinya anak akan membaca," terangnya.


"Bagaimana mungkin bisa menuliskan materi jika dia tidak membacanya," tegas Nanang.


Namun cara ini harus kita lakukan pengecekan alias koreksi kepada setiap siswa apakah siswa memiliki catatan penting dari materi yang akan dibahas atau tidak, jika anak tidak memilikinya maka guru wajib memberikan hukuman meskipun ringan sebagai bentuk teguran, dan juga memberikan bonus kepada mereka yang memiliki catatan bisa dalam bentuk nilai atau yang lainnya.


Demikianlah  artikel cara bagaimana kita memaksa anak agar mau kembali membiasakan diri untuk membaca, mudah-mudahan bermanfaat.


Kamu punya cara lain yang lebih efektif silahkan tuliskan komentarmu dibawah, insyaAllah dilain kesempatan saya coba praktekkan diruang belajar saya.

test banner

No comments:

Post a Comment