Lambang @ pada alamat email - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Monday, June 18, 2012

Lambang @ pada alamat email

Penggagas lambang itu adalah Raymond Samuel Tomlinson yang kelahiran tahun 1941. Sejak tahun 1960-an ia melakukan percobaan pembuatan surat elektronik dengan format file transfer.
Surat elektronik yang berhasil dikirimkannya berlangsung di dalam satu komputer yaitu dari satu folder ke folder lain. Setelah itu ia mengirimkan surat dari satu komputer ke komputer lain dalam satu jaringan. Itulah cikal bakal email yang dikirim via jaringan Internet di kemudian hari. Dalam proses percobaan Ray mendapatkan kendala, yaitu simbol apa yang harus digunakan. Simbol yang benar-benar telepas dari nama Siapapun, baik itu nama pengguna ataupun penyedia layanan email itu sendiri. Layaknya sebuah alamat email memiliki nama dan domain nya, maka oleh Ray di pilih simbol "@" untuk memisahkannya. Diletakkan diantara keduanya.
     Raymond Samuel Tomlinson pertama kali mencoba aplikasi pengiriman surat elektronik yang sekarang dikenal dengan nama email pada tahun 1972.
Sejarah @ (Ampersat)

     Para ahli berpendapat bahwa simbol @ pertama kali muncul pada abad ke-6 & ke-7, setelah ahli tulis Latin mengadaptasikan simbol @ dari kata Latin “ad”, yang berarti “di”, “kepada”, dan “untuk”. Karena pada awalnya simbol @ terdiri dari dua huruf, maka ahli tulis Latin tersebut mencari cara untuk mengubahnya sedemikian rupa sehingga menjadi satu huruf saja. Maka terciptalah sebuah ligature (kombinasi dua huruf) gabungan dari dua huruf ‘d‘ ke ‘a‘
     Setelah itu terdapat argumentasi bahwa simbol @ merupakan metode baru dalam bidang perdagangan pada abad ke-18, sebagai simbol per-satuan (5 buku @Rp 10.000–> 1 buku harganya Rp 10.000 jika 5 maka harganya Rp 50.000).
     Tanda @, biasa disebut ampersat, apetail, arroba, atmark, Acosta, secara resmi digunakan pada sistem akuntansi dan faktur yang berarti “at the rate” (misalnya 7 widget @ $2 = $14). Dalam beberapa tahun terakhir, artinya telah berkembang menjadi “located at”, terutama didalam penulisan alamat email dan media sosial.
     Simbol @ dikembangkan sebagai simbol singkatan dagang dari “each at” simbol yang menyerupai huruf “a” kecil di dalam “e” kecil ini digunakan untuk membedakan “at” (dilambangkan dengan huruf hanya “a”) atau “per”. Sebagai contoh, biaya “12 apel @ $1″ akan menjadi $12, sedangkan biaya “12 apel at $1″ akan menjadi $ 1. Perbedaan yang penting dan perlu. 



test banner

No comments:

Post a Comment