Kisi – Kisi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun ajaran 2017 / 2018 - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Saturday, April 14, 2018

Kisi – Kisi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun ajaran 2017 / 2018

Hasil gambar untuk kisi kisi usbn

“Kisi-kisi USBN dijadikan acuan pengembangan dan perakitan naskah soal USBN”

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan | dikutip dari harian Jawa Pos tanggal 26 Januari 2018

Semangat Pagi !

Kemendikbud telah resmi merilis Kisi – Kisi USBN dan UN 2018 yang bisa dilihat langsung pada website resmi BSNP. Untuk USBN jenjang SD tidak jadi delapan mapel, tetap pada tiga mapel yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk pembaruan dalam USBN tahun ini adalah terdapat butir soal esai selain pilihan ganda yang berlaku pada semua jenjang (SD, SMP, SMA, SMK)

Soal USBN nantinya 75% dibuat oleh guru melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan 25% dibuat Kemendikbud. Sekolah tidak lagi perlu menyelenggarakan Ujian Sekolah.

Untuk soal esai, intinya sama saja. Menurut pengamat pendidikan Indra Charismiadji, soal isian sebaiknya berkategori C2 (memahami) dan C3 (mengaplikasikan). Dan kemudian bisa dikembangkan sehingga bisa dimasukkan dalam kategori C4 (analisis) dan C5 (evaluasi). Harapannya, sekolah tidak membuat soal dengan kategori C1 (menghafal). “Karena sama aja membodohi bangsa” katanya.

(dikutip dari Jawa Pos, 26 Januari 2018)



Untuk memudahkan dan membantu pembaca, maka berikut kami sediakan link untuk mendownload Kisi – Kisi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun ajaran 2017 / 2018


dan juga Kisi – Kisi Ujian Nasional tahun ajaran 2017 / 2018


Bagaimana? Cukup membantu ?? Jangan lupa untuk suka, ikuti dan share ke teman-teman yang lain

Sukses selalu! test banner