Program Remedial, Pengayaaan, dan Akselerasi - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Tuesday, December 22, 2015

Program Remedial, Pengayaaan, dan Akselerasi


Dalam kaitannya dengan belajar tuntas (mastery learning ) maka yang perlu diingat oleh seorang guru salah satunya adalah setiap peserta didik itu memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda dal mencapai suatu kompetensi tertentu. Sehingga dalam proses pembelajaran sehari-hari akan terjadi kecepatan belajar yang berbeda antara peserta didik yang pandai, peserta didik yang biasa bahkan yang lambat atau lemah.

Dalam pembelajaran tuntas maka menekankan pada ketuntasan belajar secara individual meskipun proses pembelajaran dilakiukan secara klasikal. Untuk mencapai pembelajaran tuntas akan mengacu kepada program perbaikan ( remedial), pengayaan dan akselerasi.

1. Remedial

Remedial atau perbaikan diberikan kepada peserta didik yang belaum tuntas belajar atau belum mencapai SKBM ( Standar Ketuntasan Belajar Minimal ) setelah mengikuti tes kompetenti dasar tertentu, ujian blok, atau ujian semester. Progran remedial ini dilakukan dua kali, sehingga bila peserta didik sudah melaksanakan remedial atau perbaikan sebanyak dua kali namun nilainya belum mencapai SKBM maka penanganannya harus melibatkan orang tua peserta didik dengan melibatkan pihak Bimbingan dan Konseling untuk mengetahui kemungkinan sebab lain dari kelambanan peserta didik tersebut.

Tugas yang berat bagi guru dalam mencapai belajar tuntas ini adalah bagaimana seorang guru dapat menanganai peserta didik yang lemah atau lamban dalam mencapai kompetensi belajar tertentu, maka ada dua cara yang dilakukan ;

a. Guru memberi bimbingan secara khusus, individual bagi peserta didik yang lamban dalam mencapai kompetensi dasar tertentu. Cara ini sederhana sebab guru berperan juga sebagai fasilitator. Contoh menanyakan kepada peserta didik yang mana tempat kesulitannnya dan langsung dijelaskan oleh guru, bisa di dalam kelas atau luar kelas sampai benar-benar dimengerti yang indikatornya bisa mengerjakan soal atau tugas dari guru dengan benar.

b. Dengan perlakuan ( treatment) khusus yaitu penyederhanaan dari pembelajaran regular. Contoh guru dapat menyederhanakan sisi materi ajar agar mudah dimengerti oleh peserta didik yang lamban tersebut. Penyampaian yang sederhana dari guru dengan melengkapai materi ajar dengan gambar, grafik, skema, dan lainnya. Penyederhanaan soal yang diujikan sehingga lebih mudah dimengerti olah peserta didik yang lamban belajar.

2. Pengayaan

Dalam pembelajaran tuntas maka akan muncul peserta didik yang memiliki kecepatan lebih dalam mencapai kompetensi dasar tertentu, untuk peserta didik yang seperti ini tidak boleh diabaikan tetapi harus mendapat perlakuaan khusus dalam bentuk tambahan pengetahuan dan keterampilan melalui program pengayaan. Caranya adalah memberikan materi tambahan atau diskusi tentang materi ajar berikutnya atau kopetenti dasar berikutnya sesama teman sekelompoknnya untuk memperluas wawasannya. Atau sebagai tutor sebaya terhadap temannya yang belum tuntas belajarnya. Cara lainnya adalah memberikan tugas oleh guru yang menyangkut kompetenti selanjutnya sebagai materi ajar tambahan. Dapat juga dilakukan dengan mengerjakan soal latihan yang bersifat pengayaan.

3. Akselerasi (Percepatan belajar)

Implikasi lain dari mastery learning (belajar tuntas ) adalah kemungkinan adanya peserta didik yang memiliki kecerdaqsan luar biasa dengan nilai di atas 95. Untuk mereka ini tidak diadakan pengayaan tetapi perlakuan khusus yaitu percepatan belajar secara alami bukan di kelas akselerasi. Mereka dapat langsung dipersilahkan untuk mempelajari kompetensi dasar berikutnya yang sudah diprogramkan dalam satu smester atau satu tahun sehingga nanti peserta didik tersebut dapat menyelesaikan belajarnya lebih cepat dari teman-temannya. Untuk mendukung pelaksanaan perscepatan belajar ini maka pembelajaran perlu dikemas lebih rinci misalnya dengan menggunakan modul – modul pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar mandiri, paket atau kegiatan-kegiatan belajar sesuai kompetensi dasar yang dilengkapi dengan soal-soal latihan, sehingga program kaselerasi ini mudah terlaksana. Download Format Perbaikan di sini dan Pengayaan di sini