RPP I P A Terpadu Kelas VIII ‎ SMP Negeri 3 Jabung - SMP Negeri 3 Jabung

Breaking

Saturday, August 29, 2015

RPP I P A Terpadu Kelas VIII ‎ SMP Negeri 3 Jabung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  4 X 40’
 


Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
3.      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.
4.      Siswa dapat menjelaskan struktur embrio tumbuhan.
5.      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan..
6.      Siswa dapat membedakan metagenesis tumbuhan lumut dan paku.
7.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.5
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan percobaan / observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Disebut apakah proses kecebong menjadi katak kecil ?
                  2)  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi peristiwa anak ayam menjadi
                        ayam dewasa ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup terutama tumbuh dan
                        berkembang biak.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya yang terdiri dari 4 – 5 siswa yang
                  kemampuannya bervariasi.
            b.  Berdiskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan hewan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan bantuan charta ( lihat Buku IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru halaman 2 ).
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Dengan dibantu guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana perbedaannya antara pertumbuhan dengan perkembangan pada tumbuhan rumput teki ?
                  2)  Faktor-faktor apakah yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman mangga ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Setelah siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
            b.  Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dibantu dengan charta.
            c.  Siswa melakukan percobaan tentang pertumbuhan tanaman.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya dibantu oleh guru.
            b.  Guru melakukan refleksi dari hasil pembelajaran pertemuan 1 dan 2 terhadap siswa.
            c.  Guru memberi tugas rumah.
E.  Media Pembelajaran
      Alat dan bahan lihat jelajah konsep 1.1. dan 1.2.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku-buku IPA yang relevan.
      3.  Charta dan bahan percobaan.
      4.  Guru dan Siswa.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes Tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
2.   Sel yang telah dibuahi akan menga-lami pembelahan dan berkelompok membentuk struktur dan fungsi tertentu disebut .... 
a.  diferensiasi 
b.  pertumbuhan
c.  perkembangan
d.  fertilisasi
3.  Pernyataan berikut ini yang salah tentang pertumbuhan adalah ....
a.   hewan mengalami pertumbuhan hanya sampai pada usia tertentu
b.   tumbuhan terus mengalami pertumbuhan sepanjang hidupnya
c.   pertumbuhan dapat diukur dengan taksiran massa kering
d.   pertumbuhan hanya dipengaruhi oleh cahaya
4.  Berikut ini merupakan faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan tanaman, kecuali
a.  cahaya
b.  suhu
c.  kelembaban
d.  hormon
5.  Berudu merupakan salah satu bentuk hasil perkembangan katak menuju dewasa. Berudu bernapas dengan ....
a.  insang
b.  paru-paru
c.  kulit
d.  paru-paru buku
6.  Proses penyusunan dan pengaturan sel ke dalam lapisan yang berbeda (dipoblastik atau tripoblastik) pada perkembangan hewan terjadi pada tahap ....
a.  blastula
b.  morulla
c.  gastrula
d.  zigot
7.  Tahap-tahap metamorfosis sempurna yang benar adalah ....
a.  telur – larva – pupa – imago
b.  telur – pupa – larva – imago
c.  telur – imago – larva – pupa
d.  telur – pupa – imago – larva
8.  Hewan berikut ini yang mengalami metamorfosis sempurna, kecuali....
a.  katak
b.  kupu-kupu
c.  lepisma
d.  kumbang
9.  Jaringan tumbuhan yang terus membelah, biasanya terdapat pada ujung akar dan batang adalah ....
a.  meristem
b.  parenkim
c.  cambium
d.  klorofil
10.  Hewan tripolastik pada tahap gastrulasinya tersusun atas 3 lapisan yang berupa ....
a.  ektoderm, epiderm, dan endoderm
b.  mesoderm, epiderm, dan endoderm
c.  ektoderm,endoderm, dan mesoderm
d.  epiderm, mesoderm, dan ektoderm
I.    Kunci Jawaban

 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  2 X 40’
 


Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.
2.    Siswa dapat membedakan ciri-ciri masa pubertas antara remaja pria dengan wanita.
3.    Siswa dapat mengemukakan alasan, mengapa wanita mengalami menstuasi.
4.    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana perkembangan anak laki-laki dan anak perempuan ?
                  2)  Apa perbedaannya ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
            b.  Dengan bimbingan guru, siswa melakukan diskusi tentang tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa menyusun  kesimpulan dari hasil belajar yang telah dilakukan dengan bantuan guru.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
E.  Media Pembelajaran
      Tabel 1.1.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang sesuai.
      3.  Siswa dan Guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Janin di dalam rahim memperoleh zat makanan melalui saluran yang disebut ....
a.  uterus           c. amnion
b.  plasenta        d. air ketuban
2.  Berikut ini tahapan perkembangan manusia, kecuali ....
a.  masa puber        c.  masa dewasa
b.  masa neonatus   d.  masa subur
3.  Anak-anak usia 2 tahun memiliki keterampilan ....
a. berlari    
b.  berjalan langkah gontai 
c.  berjalan di atas balok kesetimbangan
d.  berdiri pada satu kaki
4. Ciri-ciri fisik anak laki-laki yang memasuki masa pubertas, kecuali ....
a.  suara memberat  
b.  tumbuh rambut di sekitar kemaluan
c.  memproduksi sperma
d.  pinggul membesar
5.  Lama siklus haid pada wanita rata-rata ....
a.  20 hari      c.  29 hari
b.  35 hari      d.  18 hari
6.  Wanita hamil yang sering minum alkohol dapat menyebabkan ....
a.  Fetal Alkohol Syndrome(FAS) 
b.  janin bertambah berat 
c.  reduksi organ gerak janin
d.  reduksi organ dalam janin
7.  Masa neonatus pada manusia berkisar antara ....
a.  10 -14 hari setalah lahir  
b.  30 hari sebelum lahir 
c.  2 bulan setelah lahir
d.  3 bulan setelah lahir
8.  Hormon yang berfungsi merangsang pertumbuhan sel-sel folikel adalah ....
a.  estrogen    c.  hypothalamus
b.  FSH           d.  testosteron
9.  Pertumbuhan tinggi tubuh seseorang mulai berhenti pada masa ....
a.  remaja         c.  dewasa
b.  manula        d.  bayi
10.  Berhentinya fungsi organ reproduksi wanita ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi disebut ....
a. osteoporosis   c.  menarche
b.  menopause   d.  masa subur
I.    Kunci Jawaban
 





Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012








                                                                                      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  12 X 40’
 


Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan antara tulang rawan dengan tulang keras.
2.      Siswa dapat mendiskripsikan rangka tubuh manusia.
3.      Siswa dapat menyebutkan fungsi rangka tubuh manusia.
4.      Siswa dapat menjelaskan konsep sendi dan macam-macam sendi.
5.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan otot lurik, otot jantung dan otot polos.
6.      Siswa dapat menjelaskan mekanisme gerak otot
7.      Siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan dan kelainan pada sistem gerak manusia.
8.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, eksperimen dan  observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Mengapa daun telinga dan batang hidungmu dapat dibengkokkan sedang lengan atas dan pahamu tidak dapat ?
                  2)  Bagaimana akibatnya jika dalam tubuhmu tidak terdapat rangka ?
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami bahwa setiap makhluk hidup bergerak.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
            b.  Siswa melakukan percobaan tentang zat penyusun tulang dilanjtkan diskusi tentang bendanya tulang rawan dan tulang keras dengan bantuan charta struktur tulang dibawah bimbingan guru. ( lihat jelajah konsep 2.1. )
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apakah tengkorak kita hanya terdiri dari satu tulang yang utuh ? Mengapa ?
                  2)  Mengapa tangan dan kaki kita tersusun dari banyak tulang ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami macam-macam tulang.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk di tempat kelompoknya masing-masing.
            b.  Dengan model / charta rangka manusia siswa berdiskusi dan saling memberi informasi tentang tulang-tulang penyusun rangka dengan bimbingan guru.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya
            b.  Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana seandainya tubuh kita rangkanya hanya terdiri dari satu tulang ?
                  2)  Samakah hubungan tulang paha dan gelang panggul dengan tulang pengumpil dan hasta ? mengapa ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami tulang-tulang penyusun rangka.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa mengelompok pada masing-masing kelompoknya
            b.  Siswa melakukan observasi model dan charta macam-macam sendi dilanjutkan diskusi tentang persendian pada manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya
            b.  Guru melakukan refleksi bersama-sama siswa dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Selain rangka, apakahyang merupakan bagian sistem gerak manusia ?
                  2)  Tersusun dari otot apakah lambung, paha dan jantung ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami persendian sebagai salah satu komponen sistem gerak pada manusia.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa menyiapkan diri bersama kelompoknya.
            b.  Siswa dibimbing guru melakukan pengamatan dan menggambar otot lurik, otot jantung dan otot polos ( lihat jelajah konsep 2.2. )
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
            b.  Guru dan siswa melakukan refleksi bersama.
Pertemuan Kelima
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah perbedaan otot paha dengan otot lambung ?
                  2)  Bagaimana ciri-cirinya otot jantung ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah melihat dan menggambar oto lurik, otot polos dan otot jantung..
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan  kelompoknya.
            b.  Dengan petunjuk dan pembimbingan guru, siswa melakukan diskusi tentang perbedaan otot lurik, otot polos dan otot jantung serta mekanisme kerja gerak otot.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Bersama guru, siswa menyusun  kesimpulan dari hasil pembelajarannya
            b.  Guru melakukan refleksi dan membuat  tugas di rumah untuk siswa.
Pertemuan Keenam
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Kelainan dan penyakit apa sajakah yang terdapat pada
                              a)  rangka / tulang ?
                              b)  otot ?   
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai kelompoknya.
            b.  Siswa melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem gerak manusia dengan bimbingan guru.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa dengan bimbingan guru menyusun kesimpulan.
            b.  Guru melakukan evaluasi tentang sistem gerak manusia.
E.  Media Pembelajaran
      Alat dan bahan lihat jelajah konsep
F.  Sumber Pembelajaran
            1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Charta dan bahan percobaan.
      4.  Guru dan Siswa.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Sistem gerak yang yang terlibat saat seorang atlet bola basket melakukan slamdukadalah ....
a. tulang dan tendon 
b. saraf dan otot 
c. tulang dan otot      
d. tulang dan sendi
2.  Di bawah ini yang termasuk tulang penyusun poros tubuh manusia adalah ....
a.  tulang dada 
b.  tulang lengan atas
c.  tulang paha
d.  tulang belikat
3.  Gambar berikut ini menunjukkan sendi ....
    
a.  sendi engsel   b.  sendi pelana
c.  sendi peluru   d. sendi putar
4.  Hubungan antartulang yang memung-kinkan adanya gerak bebas disebut ....
a. sinartrosis     b. amfiartrosis
c.  diartrosis     d.   sindesmosis
5.  Orang tua yang sudah menopause biasa-nya mengalami penurunan kerja sel osteoblas sehingga tulangnya rapuh dan mudah patah. Kelainan seperti ini disebut ....
a. osteoporosis    b. artritis
c.  rikets             d.   osteomalasia
6.  Sifat khas yang dimiliki oleh jaringan otot sehingga mampu melakukan gerakan adalah ....
a. iritabilitas         b. konduktifitas
c. kontraktilitas     d. merespon rangsangan (stimulus)
7.  Otot yang melekat pada rangka tubuh manusia dan berfungsi sebagai alat gerak aktif di bawah kendali sistem saraf sadar adalah ....
a.  otot polos      c. otot jantung
b. otot rangka    d. otot polos dan otot lurik
8.  Otot jantung dan otot lurik memiliki perbedaan dalam hal ....
a.  sifat kerja
b.  sifat kerja, bentuk, dan letak
c.  bentuk
d.  letak
9. Jika suatu kelompok otot berkontraksi untuk menghasilkan gerakan, tetapi kelompok otot lainnya relaksasi maka termasuk kerja otot yang ....
a.  antagonis  b.  sinergis
c.  origo         d.  insersio




I.    Kunci Jawaban



Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012

              





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  6 X 40’
 



Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.4.
Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan jenis dan fungsi makanan yang dibutuhkan manusia..
2.      Siswa dapat membandingkan pencernaan mekanik dengan pencernaan chenus.
3.      Siswa dapat menjelaskan saluran dan kelenjar pencernaan penyusun sistem pencernaan manusia.
4.      Siswa dapat mendiskripsikan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.
5.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Sistem pencernaan manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apakah semua makanan yang dimakan dibutuhkan oleh tubuh ? mengapa ?
                  2)  Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan tubuh ? dan apa manfaatnya ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami bahwa gerakan memerlukan energi yang diperoleh dengan proses pencernaan dan pernafasan
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa menempatkan diri duduk sesuai dengan kelompoknya .
            b.  Siswa dengan bimbingan guru melakukan uji makanan (lihat jelajah konsep 3.1.)
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil uji makanan yang dilakukan.
            b.  Guru membuat refleksi dari hasil kegiatan dan memberi tugas rumah.
      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Terdiri dari organ apakah saluran dan kelenjar pencernaan penyusun sistem pencernaan manusia ?
                  2)  Apa bedanya pencernaan mekanik dengan pencernaan kimia ? dan pada organ apa terjadinya ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
            b.  Dengan bimbingan guru, siswa melakukan percobaan proses pencernaan kimia dan mekanik ( lihat jelajah konsep 3.2.) dilanjutkan dengan diskusi tentang saluran dan kelenjar pencernaan pada manusia.         
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan dari hasil kegiatannya dengan bimbingan guru.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
      Pertemuan Ke tiga
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Sebutkan 3 kelainan yang terdapat pada mulut ?
                  2)  Sebutkan 5 penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami saluran dan kelenjar-kelenjar pencernaan pada sistem pencernaan manusia.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai kelompoknya.
            b.  Siswa dengan panduan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan.
            b.  Guru melakukan refleksi dan evaluasi dari hasil kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 3.1. dan 3.2.
      2.  Charta / CD sistem pencernaan manusia.
F.  Sumber Pembelajaran
            1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim;dkk, 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta. Depdiknas.
      2.  Buku IPA SMP yang relevan.
      3.  Charta / CD sistem pencernaan manusia dan alat bahan percobaan.
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Tujuan pencernaan kimiawi adalah ….
a. mengubah bentuk makanan agar mudah ditelan
b. mendorong makanan masuk ke kerongkongan
c. menghaluskan makanan agar mudah dicerna lebih lanjut
d. mengaduk makanan dengan enzim pencernaan
2.  Sebelum zat tepung diserap ke dalam tubuh oleh dinding usus, terlebih dahulu harus diubah secara kimiawi menjadi ….
a. glukosa                 c.  pepton
b. asam amino          d.  protein
3.  Bagian lambung yang menghalangi masuknya kembali isi lambung ke dalam kerongkongan ditunjukkan pada gambar nomor ….
    
a.                 c.  
b.  2                 d.  4
4.  Pernyataan berikut ini yang benar adalah …
a. semua bagian usus halus manusia berguna untuk menyerap sari makanan
b. penyerapan sari makanan hanya terjadi pada bagian akhir usus halus
c.  pencernaan makanan disesuaikan di usus halus bagian jejunum
d. getah lambung hanya berguna untuk membunuh mikroorganisme
5.  Faktor-faktor di bawah ini yang mem-pengaruhi kebutuhan kalori setiap orang adalah ….
a. jenis kelamin                 b. aktifitas
c. kemampuan ekonomi    d.  iklim
6.  Karbohidrat dan lemak tersusun oleh unsur-unsur ....
a.  C, N, dan O     c.  C, H, dan N
b.  C, H, dan O     d.  C, O, dan P
7.  Pernyataan berikut yang menunjukkan fungsi zat makanan yang paling tepat adalah ....
a.  karbohidrat sebagai pembangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak
b.  lemak sebagai sumber energi dan cadangan energi
c.  protein sebagai pelarut zat dan dapat membantu mereaksikan zat
d.  vitamin sebagai pengangkut zat sisa pembakaran yang tidak terpakai
8.  Gangguan sistem pencernaan terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam adalah ....
a.  apendisitis          b. diare
c.  tukak lambung   d. sembelit
9.  Fungsi usus besar pada sistem pencernaan adalah ....
a.  menyerap zat-zat makanan
b.  mengatur kadar garam
c.  mengolah sisa-sisa makanan
d. mengatur kadar air feses
10.  Zat makanan yang tidak dapat langsung diserap usus adalah ...
a.  vitamin              b.  mineral  
c.  protein               d.  lemak
I.   Kunci Jawaban


                                                                                                                                                                                                                                     
Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  6 X 40’
 


Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.5.
Mendiskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi organ penyusun sistem pernafasan pada manusia..
2.      Siswa dapat membandingkan inspirasi dan ekspirasi pada pernafasan dada dan perut.
3.      Siswa dapat mengukur frekuensi pernafasan normal dan udara kapasitas vital paru-paru.
4.      Siswa dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan.
5.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
v  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
v  Tekun ( diligence )
v  Tanggung jawab ( responsibility )
v  Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Sistem pernafasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, eksperimen dan observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Terdiri dari organ apakah sistem pernafasab manusia ? dan apa fungsinya masing-masing organ tersebut ?
                  2)  Berupa apakah zat mekanan yang dibutuhkan tubuh ? dan apa manfaatnya ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami  sistem pencernaan pada manusia.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa menempati tempat duduk sesuai dengan kelompok .
            b.  Siswa melakukan percobaan tentang inspirasi dan ekspirsi dilanjutkan diskusi organ penyusun sistem pernafasan manusia dengan bimbingan guru (lihat jelajah konsep 4.1.)
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana frekuensi pernafasan orang yang satu dengan yang lain ? mengapa ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ sistem pernafasan manusia dan proses inspirasi maupun ekspirasi.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk pada  kelompok masing-masing.
            b.  Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan tentang frekuensi pernafasan dan kapasitas vital paru-paru ( lihat jelajah konsep 4.2 dan 4.3 )       
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa dengan bimbingan guru menyusun kesimpulan dari hasil kegiatannya.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Ke tiga
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Kelaianan dan penyakit apa sajakah yang sering menyerang organ pernafasan kita ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ penyusun sistem pernafasan manusia.
       2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk di kelompok masing-masing.
            b.  Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem pernafasan manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
            b.  Guru melakukan refleksi dan evaluasi tentang sistem pernafasan manusia.
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 4.1. ,  4.2.  dan 4.3.
      2.  Charta / CD organ pernafasan manusia.
F.  Sumber Pembelajaran
            1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk        SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Model / Charta  sistem pernafasan.
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Berikut ini yang tidaktermasuk fungsi rongga hidung pada pernapasan manusia adalah ….
a.  mengatur kelembaban 
b.  menghindarkan gas berbau
c.  menyaring udara  
d.  menyerap oksigen
2.   Mekanisme yang digunakan makhluk hidup untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh adalah ….
a. osmosis       b. fagositosis  
c. pinositosis    d. difusi
3.   Fungsi oksigen di dalam tubuh makhluk hidup adalah untuk ….
a.  mengoksidasi glukosa 
c.  membakar glikogen
b.  respirasi anaerob  
d.  kehidupan sel
4.   Jika sedang menelan makan maka katup tenggorok … dan katup kerongkongan ....
a.  membuka,  membuka
b.  menutup,  menutup
c.  membuka, menutup
d.  menutup, membuka
5.   Tersedak dapat terjadi jika pada waktu makan ada makanan yang masuk ke dalam ….
a.  kerongkongan  
b.  cabang tenggorok  
c.  anak cabang tenggorok
d.  tenggorok
6.  Pengertian bernapas yang paling tepat adalah ....
a.   upaya makhluk hidup untuk memasukkan oksigen
b.   proses pertukaran zat organik dengan zat anorganik
c.   proses pertukaran gas antara makhluk hidup dengan lingkungannya
d.   proses penggunaan oksigen untuk menghasilkan energi
7.   Pernapasan yang terjadi akibat adanya gerakan otot-otot diafragma adalah pernapasan ...
a.  perut           b.  dada
c.  paru-paru     d.  biasa
8.  Gangguan atau penyakit sistem pernapasan yang disebabkan oleh alergi adalah ....
a. influensa       b. asma
c. tuberkolosis   d. pneumonia
9.  Selaput yang membungkus paru-paru disebut ....
a. trakea      b. trakeida
c. pleura      d. Alveolus

I.   Kunci Jawaban

 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  8 X 40’
 


Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.6.
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan macam organ dan jaringan penyusun sistem transportasi manusia..
2.      Siswa dapat menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
3.      Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi darah.
4.      Siswa dapat mengidentifikasi golongan darah.
5.      Siswa dapat mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terdapat pada sistem transpor manusia.
6.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Sistem transpor pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, observasi, dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan kooperatif.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa peranan jantung dalam sistem transpor manusia ?
                  2)  Bagaimana bedanya vena dan arteri ?
                  3)  Termasuk sistem peredaran darah apakah sistem peredaran darah manusia?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami proses pernafasan pada manusia.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya .
            b.  Siswa dengan bimbingan guru melakukan percobaan tentang denyut pembuluh darah dan dilanjutkan diskusi organ dan jaringan penyusun sistem transpor dan sistem peredaran darah manusia (lihat jelajah konsep 1.1.)
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa dengan bimbingan guru, menyusun kesimpulan hasil pembelajarannya.
            b.  Guru memberi tugas rumah dan melakukan refleksi kegiatan.
      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Tersusun dari apakah darah kita ?
                  2)  Mengapa darah kita berwrna merah, dapat membunuh kuman yang masuk tubuh dapat mengedarkan O2, CO2 dan zat makanan serta dapat membeku ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ dan jaringan penyusun sistem transpor manusia..
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
            b.  Dengan bimbingan guru, siswa melakukan percobaan tentang darah dan diskusi masalah struktur fungis darah ( lihat jelajah konsep 5.2.)
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya dengan bimbingan guru.
            b.  Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Ketiga
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Mengapa transfusi darah pada seseorang  jenis golongan darahnya harus sama?
                  2)  Resipiens yang golongan darahnya B, transfusi golongan darah apakah yang harus diberikan  ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi darah
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk pada kelompoknya.
            b.  Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang golongan darah pada manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa dengan bimbingan guru menyusun kesimpulan hasil pembelajarannya.
            b.  Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
Pertemuan Keempat
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Kelainan dan penyakit apakah yang terjadi pada organ dan jaringan sistem transpor manusia?
                  2)  Kelainan dan penyakit apakah yang terdapat pada darah manusia ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami tentang organ dan jaringan sistem transpor manusia, struktur dan fungsi darah.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan  kelompoknya.
            b.  Siswa dengan dibimbing  guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem transpor  manusia.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Guru membimbing siswa untuk membuat  kesimpulan hasil belajarnya.
            b.  Guru melakukan evaluasi hasil pembelajaran siswa..
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 5.1. dan 5.2.
      2.  Model / Charta organ peredaran darah dan struktur darah.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Model / Charta organ peredaran darah dan struktur darah
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir

H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.   Sistem transportasi pada manusia terdiri atas alat-alat berikut ini, yaitu ….
a.  jantung – ginjal – hati
b.  jantung – paru-paru
c.  Jantung – pembuluh darah – darah
d.  Jantung – ginjal-paru-paru
2.   Komponen yang berfungsi dalam proses pembekuan darah adalah ....
a.  fibrinogen, kalsium, dan serum
b.  serum, kalsium, dan protrombin
c.  protrombin, fibrinogen, dan serum
d.  protrombin, fibrinogen, dan kalsium
3.   Sel darah merah yang rusak dihancurkan/dirombak di dalam ....
a.  kandung empedu    c.  limfa
b.  pankreas                d. hati
4.   Proses pembekuan darah di awali dengan pengeluaran dari ... oleh keping darah
a.  kalsium  
b.  tromboplastin
c.  protrombin  
d.  trombin
5.   Darah dari bilik kanan jantung akan mengalir ke ....
a.  paru-paru  
b.  serambi kanan
c.  serambi kiri  
d.  aorta
6.  Di antara pembuluh darah berikut yang dilalui darah kaya oksigen adalah ....
a.  vena hati           c.  vena dari ginjal
b.  vena paru-paru  d.  vena dari usus
7.  Orang yang mempunyai aglutinin α dan β di dalam sel darah merahnya bergolongan darah ...
a.  A          c.  AB 
b.  B          d.  O
8.  Antara atrium kanan dan ventrikel kanan terdapat sekat yang disebut ....
a.  trikuspidalis  
b.  monokuspidalis
c.  bikuspidalis  
d.  tetrakuspidalis
9.  Fungsi dari getah bening adalah mengangkut ....
a.  oksigen  c.  karbon dioksida
b.  lemak    d.  hormon
10.  Agung memiliki golongan darah A. Joko bergolongan darah B. Ali bergolongan darah AB dan Budi bergolongan darah O. Donor bagi semuanya adalah ...
a.  Joko     c.  Agung
b.  Ali        d.  Bud
I.   Kunci Jawaban

                       
                                                                                                                                                                               
Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  6 X 40’
 


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.1.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan struktur dan fungsi akar, batang daun dan bunga.
2.      Siswa dapat membedakan letak epidermis, korteks, dan stale pada penampang melintang batang tumbuhan.
3.      Siswa dapat menunjukkan letak dan fungsi stomata pada daun.
4.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      -  Struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      -  Transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen
      3.  Model Pembelajaran    :  Kooperatif dan langsung.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah struktur pada akar, batang, daun dan bunga ?
                  2)  Faktor apakah yang mempengaruhi transportasi air dan garam mineral pada tumbuhan ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami organ-organ penyusun tumbuhan.

       2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan menyiapkan alat dan bahan percobaan / pengamatan.
            b.  Dengan petunujuk dan  bimbingan guru, siswa  melakukan observasi struktur/bagian-bagian akar, batang, daun dan bunga (lihat jelajah konsep 6.1.)
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa menggambar / melaporkan hasil pengamatannya.
            b.  Guru memberi tugas rumah.
      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimanakah struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
            b.  Dengan arahan guru, siswa melakukan diskusi masalah struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.     
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
            b.  Guru melakukan refleksi dan memberi tugas rumah.
      Pertemuan Ketiga
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Mengapa air dan garam mineral dari tanah dapat sampai di daun tumbuhan ?
                  2)  Bagaimana proses terjadinya transportasi pada tumbuhan ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya dan meyiapkan alat dan bahan
                 percobaan..
            b.  Siswa dengan petunjuk guru melakukan percobaan tentang naiknya air dan garam mineral dari tanah ( akar ) ke daun dilanjutkan diskusi.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat laporan hasil pembelajaran.
            b.  Guru melakukan refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran siswa.
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 6.1 dan percobaan naiknya air dan garam mineral ke daun.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Model / Charta struktur akar, batang, daun dan bunga.
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Akar tidak memiliki fungsi untuk ....
a.  menambatkan tumbuhan ke tanah
b.  menyerap air dari tanah
c.  menyimpan cadangan makanan
d. akar napas
2.  Bagian yang tidak termasuk sistem akar tumbuhan adalah ....
a.  rambut akar  c.  akar lateral
b.  ranting akar  d.  akar utama
3.  Berikut ini merupakan fungsi batang, kecuali ....
a.  menegakkan tubuh tumbuhan
b.  meneruskan air dan zat-zat hasi fotosintesis
c.  menyimpan cadangan makanan
d.  menyerap air dari tanah
4.  Trakeid memiliki struktur dan fungsi yang berbeda dengan anggota pembuluh tapis, yaitu ....
a.  menyusun pembuluh xilem
b.  sebagai pengangkut zat-zat hasil fotosintesis
c.  menyusun pembuluh floem
d.  dinding ujungnya disebut lempengan tapis
5.  Secara berurutan, jaringan-jaringan yang menyusun lapisan akar adalah ....
a.  rambut akar – epidermis – endodermis – pembuluh
b.  korteks – perisekel – endodermis – pembuluh
c.  epidermis – korteks – endodermis – pembuluh
d.  epidermis – korteks – pembuluh – endodermis
6.  Perbedaan struktur berkas pengangkut antara monokotil dan dikotil ditunjukkan dengan ....
a.  berkas pembuluh dikotil menyebar tak teratur
b.  pada monokotil, xilem dan floem bersebelahan
c.  antara xilem dan floem pada dikotil dipisah jaringan lain
d.  berkas pembuluh dikotil lebih teratur
7.  Struktur vital tumbuhan yang terdapat pada daun dan berfungsi untuk pertukaran gas adalah ....
a.  kutikula         c.  floem
b.  epidermis      d.  stomata
8.  Berkas pengangkut pada daun terletak pada bagian ....
a.  kutikula
b.  stomata  
c.  parenkim palisade
d.  parenkim spons
9. Inti pollenyang berfungsi sebagai pembuka jalan menuju inti sel telur adalah inti ....
a.  vegetatif        c.  sel telur
b.  generatif        d. endosperma
10.  Inti bakal endosperma sangat berperan bagi perkembangan calon individu baru tumbuhan karena ....
a.  sebagai calon embrio
b.  dapat membuahi sel telur
c.  mengandung nutrisi
d.  sebagai calon buah
I.   Kunci Jawaban

 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012





















                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  3 X 40’
 


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
2.      Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3.      Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
4.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pendekatan konsektual dan lingkungan.
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen.
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran kooperatif dan langsung.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
                  2)  Apakah yang diperlukan dalam proses transformasi ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai kelompoknya dan menyiapkan alat dan bahan percobaan.
            b.  Dengan petunjuk guru siswa melakukan percobaan tentang respirasi dan fotosintesis dan dilanjutkan diskusi ( lihat jelajah konsep 7.1 dan 7.2 ).
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Membuat kesimpulan oleh siswa dibantu guru.
            b.  Guru memberi tugas rumah dan refleksi.
      Pertemuan Kedua ( 1 x 40’ )
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Faktor – faktor apakah yang berpengaruh pada fotosintesis.             
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami peristiwa respirasi dan fotosintesis..
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk pada kelompoknya masing - masing.
            b.  Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru tentang faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan hasil pembelajarannya dibantu oleh guru.
            b.  Guru melakukan refleksi dan evaluasi hasil pembelajaran.
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 7.1. dan 7.2.
      2.  Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Model / Charta alat respirasi dan fotosintesis tumbuhan.
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Fotosintesis memerlukan unsur-unsur, seperti ....
a.  cahaya, klorofil, glukosa, dan air
b.  cahaya, klorofil, oksigen, dan air
c.  cahaya, klorofil, CO2, dan air
d.  cahaya, klorofil, oksigen, dan CO2
2.  Bagian tumbuhan hijau yang berfungsi menyerap cahaya matahari adalah ....
a.  klorofil
b.  daun
c.  batang
d.  akar
3.  Fotosintesis menghasilkan glukosa, kemudian digunakan untuk membuat berbagai bahan lain yang diperlukan tumbuhan tersebut. Kelebihan glukosa tersebut disimpan dalam bentuk ….
a.  selulosa  b.  karbohidrat 
c.  protein
d.   lemak
4.  Gas yang diperlukan untuk proses fotosintesis adalah ....
a.  karbon dioksida
b.  karbon monoksida
c.  oksigen
d.  nitrogen
5.  Peran klorofil dalam proses fotosintesis adalah ....
a.  menyerap CO2
b.  menyerap  O2
c.  menggabungkan CO2  dan O2
d.  menyerap energi cahaya
6.  Hasil dari proses fotosintesis adalah ....
a.  karbon dioksida dan glukosa
b.  karbon monoksida dan glukosa
c.  oksigen dan glukosa
d.  nitrogen dan glukosa
7.  Pada proses fotosintesis terdapat dua tahap, yaitu reaksi gelap dan reaksi terang. Pada saat reaksi terang terjadi ….
a.  pengikatan CO2 dalam daun
b.  penyerapan air oleh rambut-rambut akar
c.  penyerapan energi cahaya untuk memecah molekul air menjadi ion O2 dan ion H2 oleh klorofil
d.  CO2 bergabung dengan ion hidrogen.
8.  Urutan penyerapan air dari dalam tanah oleh akar sampai ke daun yang digunakan untuk proses fotosintesis adalah ….
a. rambut akar - epidermis akar - korteks - stele - xilem - daun
b. rambut akar - epidermis akar stele --korteks - xilem - daun
c. rambut akar - korteks epidermis -akar - xilem - daun
d. rambut akar - korteks - xilem - daun
9.  Pada organ daun, proses fotosintesis terjadi pada jaringan ....
a.  epidermis 
b.  parenkim spons
c.  klorofil
d.  parenkim palisade
10.  Mekanisme translokasi zat hasil fotosintesis dipengaruhi oleh ....
a.  osmosis  
b.  difusi
c.  perbedaan konsentrasi
d.  semua jawaban tidak tepat
I.   Kunci Jawaban
                                   

                                   
Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  6 X 40’
 


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.3.
Mengidentifikasi macam – macam gerak pada tumbuhan.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasikan macam – macam gerak pada tumbuhan.
2.      Siswa dapat membuat laporan hasil percobaan gerak pada rumbuhan.
3.      Siswa dapat  menyebutkan satu contoh tumbuhan untuk satu macam gerak pada tumbuhan 
4.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Macam – macam gerak pada tumbuhan.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Kontekstual dan lingkungan
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan percobaan
      3.  Model Pembelajaran    :  Kooperatif dan langsung.
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apakah semua makhluk hidup bergerak ?
                  2)  Bagaimana tumbuhan bergerak ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk berkelompok dan menyiapkan alat  dan bahan percobaan.
            b.  Dengan petunujuk guru, siswa  melakukan percobaan tentang macam – macam gerak tumbuhan ( lihat jelajah konsep 8.1 dan 8.2 ).
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran dibantu oleh guru.
            b.  Guru memberi tugas rumah dan refeklsi hasil pembelajaran.
      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa bedanya gerakan menutupnya daun putri malu karena sentuhan api dan lidi?
                  2)   Apa bedanya tropisme, nasti dan taksis?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah memahami macam – macam gerak pada tumbuhan .
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa membuat laporan hasil percobaan macam – macam gerak pada tumbuhan.
            b.  Guru melakukan evaluasi.
E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan lihat jelajah konsep 8.1 dan 8.2.
F.  Sumber Pembelajaran
      1 Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.   Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Menutupnya daun tumbuhan putri malu dapat dipengaruhi oleh ….
a.  sentuhan              b.  cahaya lampu
c.  gravitasi bumi     d.  panas bumi
2.  Gerak akar yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi disebut ….
a.  tropisme               b.  geotropisme
c.  fototropisme        d.  nasti
3.  Taksis pada tumbuhan berarti gerak ….
a.  pindah sebagian atau seluruh bagian tubuh tumbuhan
b.  adanya cahaya matahari
c.  menuju ke pusat bumi
d.  menghindari cahaya
4.  Sulur tanaman melilit benda yang lebih keras termasuk gerak ….
a.  kemotropisme    b.  fotonasti
c.  fototaksis            d.  tigmotropisme
5.  Gerak tropisme negatif dibedakan dengan tropisme positif atas dasar ….
a.  kecepatan geraknya
b.  arah geraknya terhadap rangsang
c.  frekuensi gerak per satuan waktu
d.  macam organ tubuh yang bergerak
6.  Gerak Euglena viridis yang mendekati cahaya termasuk gerak ….
a.  kemotaksis       b.  taksis
c.  fotonasti           d.  hidrotropisme
7.  Gerak yang terjadi pada tumbuhan Mimosa pudica merupakan gerak ....
a.  fototropisme      b.  geotropisme
c.  taksis                  d.  nasti
8.  Gerak yang biasanya terjadi pada tumbu-han tingkat rendah di mana sebagian atau seluruh bagian tubuh tumbuhan itu akan berpindah karena adanya suatu rangsang adalah gerak ....
a.  kemotaksis         b.  nasti
c.  taksis                  d.  fototaksis
9.  Bagian tubuh tumbuhan yang peka terhadap rangsang cahaya adalah ....
a.  pangkal batang    b. ujung daun
c.  ujung batang       d. tengah ruas batang
10.  Contoh gerak fotonasti adalah ...
a.  sulur pada tanaman polong
b.  mekarnya bunga teratai
c.  akar gantung pohon beringin
d.  menutupnya daun Mimosa pudica ketika sore tiba
I.   Kunci Jawaban

Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :  SMP Negeri 3 Jabung
Mata Pelajaran       :  IPA Terpadu
Kelas / Semester    :  VIII / I
Alokasi waktu        :  2 X 40’
 


Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.
Kompetensi Dasar 2.4.
Mengidentifikasikan nama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari – hari.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara hama dengan penyakit pada tanaman.
2.      Siswa dapat mendata contoh hama tanaman.
3.      Siswa dapat  memberikan contoh penyakit pada tanaman
4.      Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.  Materi Pembelajaran
      Nama dan penyakit pada tanaman.
C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Konsektual dan lingkungan.
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen.
      3.  Model Pembelajaran    :  presentasi / seminar..
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Apa bedanya hama dengan kelompoknya ?
                  2)  Berupa apakah hama yang sering menyerang kebun kelapa ?
      2.  Kegiatan Inti
            a.  Siswa duduk sesuai dengan kelompoknya.
            b.  Dengan panduan guru siswa melaporkan tugas secara gantian tiap kelompok secara gantian tiap kelompok secara presentasi.
      3.  Kegiatan Penutup
            a.  Siswa menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.
            b.  Guru melakukan evaluasi
E.  Media Pembelajaran
      Internet, literatur.
F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3.  Internet.
      4.  Siswa dan guru.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes Essay
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes Essay
1. Sebutkan organ tanaman tembakau yang biasanya diserang oleh virus TMV  !
2. Sebutkan empat contoh hama dan penyakit yang menyerang pada organ tumbuhan.
I.   Kunci Jawaban
1.  Organ tanaman tembakau yang biasanya diserang oleh virus TMV adalah bagian daunnya
2. Hama adalah hewan yang merusak tanaman atau hasil tanaman karena aktivitas hidupnya, terutama aktivitas untuk memperoleh makanan, contohnya
a. Hewan mamalia seperti tikus, babi hutan, kambing, sapi dan kera,
b. dari jenis  burung termasuk ayam, dan
c. insekta /serangga seperti ulat,  wereng, kutu daun, belalang, walang sangit, dan berbagai kumbang.
Penyakit tanaman adalah gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh
mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut, misalnya virus, bakteri, protozoa, jamur, dan cacing nematoda.
     

                       
Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                       Nomor : 9

Sekolah                 :  SMP Negeri 3 Jabung
                               Mata Pelajaran     :   IPA Terpadu
                               Kelas/Semester     :   VIII / 1
                               Alokasi Waktu     :   2 x 40 menit
 


Standar Kompetensi 3
Menjelaskan Konsep Partikel Materi
Kompetensi Dasar  3.1.
Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat memahami konsep struktur atom
  2. Siswa dapat memahami perkembangan teori atom
  3. Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom
  4. Siswa dapat memahami konsep ion
  5. Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
  6. Siswa dapat memahami konsep molekul
  7. Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
  8. Siswa dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol
  9. Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.    Materi Pembelajaran
      Atom, ion dan molekul
C.    Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                  : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                                    : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran  : Pembelajaran Kooperatif
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.      Pengetahuan Prasarat
      Siswa telah memahami arti materi
2.     Kegiatan Inti
a.      Siswa dibagi kelompok-kelompok dengan anggota 4-5 siswa
b.      Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
c.      Masing-masing kelompok diberi soal-soal yang berhubungan agar dijawab
3.     Kegiatan Penutup
a.    Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi
b.      Guru memberi tugas rumah
E.    Kegiatan Pembelajaran
Diskusi-informsi di dalam kelas dilanjutkan mengerjakan soal-soal latihan
F.     Sumber Belajar
1.     Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2.     Buku-buku Pelajaran yang relevan.

G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.  Lampiran Instrumen Soal Tes PG
1.  Diketahui suatu partikel zat, yaitu
1)  merupakan partikel terkecil;
2)  termasuk zat tunggal;
3)  biasanya merupakan senyawa;
4)  masih bersifat sama dengan zat asalnya.
 Partikel tersebut adalah ….
a.  atom        b.  molekul
c.  unsur       d.  campuran
2.  Elektron berputar pada sumbunya sambil mengitari inti atom pada orbit sendiri-sendiri. Ini adalah bentuk atom menurut ….
a. John Dalton          b.  J. J. Thomson
c.  E. Rutherford       d.  Niels Bohr
3.  Jika suatu atom memiliki 3 orbit elektron dengan jumlah elektron pada orbit terluar sebanyak 5 elektron. Nomor atom unsur itu adalah ….
a.  15                          b.  10
c.   8                           d.   7
4.  Nomor massa suatu atom adalah banyaknya ….
 elektron dalam inti atom
b.  proton dalam inti atom
c.  neutron dalam inti atom
d.  proton dan neutron dalam inti atom
5.  Suatu unsur mempunyai nomor atom = 16. Unsur tersebut terletak pada golongan dan periode ….
a. IVA, 3            b.  IIIA, 6
c.  VA, 2            d.  IIIA, 5
6.  Pada golongan IIA, unsur barium terletak lebih bawah dibandingkan unsur magnesium. Hal ini berarti ….
a.  barium lebih bersifat logam dibanding magnesium
b.  magnesium lebih bersifat logam dibanding barium
c.  barium lebih radioaktif dibanding magnesium
d.  magnesium lebih radioaktif dibanding barium

7.  Suatu unsur termasuk periode 3 dan golongan II. Nomor atom unsur tersebut adalah ….
a.   5                      b.  6
c.  10                     d.  12
8.  Perpindahan elektron dari satu kulit ke kulit lainnya dalam sebuah atom dinamakan ….
a.  mutasi                  b. radiasi
c.  eksitasi                d.  permutasi
9.  Unsur-unsur aktinidatermasuk pada periode ….
a.  7                   b.  6
c.  5                   d.  4
10.  Dalam dua molekul senyawa Fe2(SO4)3 mengandung ….
a.  2 atom Fe, 1 atom S, 12 atom O
b.  4 atom Fe, 2 atom S, 24 atom O
c. 2 atom Fe, 3 atom S, 12 atom O
d. 4 atom Fe, 6 atom S, 24 atom O
11. Atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik disebut ….
a.  elektron            c.  neutron
b.  ion                    d.  proton
12. Perbedaan molekul senyawa dengan molekul unsur adalah molekul senyawa ….
a.  tersusun oleh atom yang lebih banyak jumlahnya
b.  berukuran lebih besar
c.  tersusun oleh dua atau lebih atom sejenis
d.  tersusun oleh atom-atom yang tidak sejenis
13. Materi yang tersusun oleh molekul unsur adalah ….
a.  gas karbon dioksida  
b.  gas oksigen
c.  amonia
d.   akuades
15. Berikut ini adalah molekul yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, kecuali….
a.  H2SO4                    b.  NaClO
c.  MgCl2                    d.  NaOH



I.   Kunci Jawaban
 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                    Sekolah                      :  SMP Negeri 3 Jabung
                                    Mata Pelajaran            :  IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            :  VIII / 1
                                    Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
 


Standar Kompetensi 4
Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar  4.1.
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pembersih
  2. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pemutih
  3. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum
  4. Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama
  5. Siswa dapat mengetahui efek samping penggunaan bahan kimia
  6. Siswa dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan kimia
  7. Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.    Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga
C.    Metode Pembelajaran
4.     Pendekatan                  : Pendekatan kontekstual
5.     Metode                                    : Diskusi-informasi
6.     Metode Pembelajaran  : Pembelajaran Kooperatif
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu mencium bau yang khas dari sabun mandi
b.      Pengetahuan Prasarat
      Hati-hati jika mencium dari larutan yang berbahaya (pestisida)
2.     Kegiatan Inti
a.      Siswa dibagi kelompok-kelompok dengan anggota 4-5 siswa
b.      Siswa diminta untuk menguji beberapa bahan kimia dalam rumah tangga (sesuai dengan Jelajah Konsep 10.1 buku IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru, halaman 86)
c.      Melakukan diskusi-informasi tentang sifat berbagai macam bahan kimia dalam rumah tangga
3.     Kegiatan Penutup
a.      Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil percobaann
b.      Guru memberi tugas rumah (sesuai dengan Jelajah Konsep 10.2 buku IPA Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru, halaman 87 dan  Jelajah Konsep 10.3 halaman 88 )
E.    Kegiatan Pembelajaran
      Alat dan bahan sesuai dengan Jelajah Konsep 10.1. 10.2, 10.3 buku IPA
      Terpadu untuk kelas VIII Tim Abdi Guru, halaman 86-88
F.     Sumber Belajar
1.     Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2.     Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012




























Lampiran Instrumen Soal Tes PG Kompetensi Dasar  4.1
1.   Berikut ini adalah bahan-bahan kimia dalam rumah tangga yang termasuk bahan makanan, kecuali….
a.  mentega                     c.  asam askorbat
b.  natrium klorida         d.  minyak goreng
2.   Bahan pembersih yang dibuat dari potasium hidroksida, natrium karbonat, gliserin, dan mentol sebagai bahan utamanya adalah .…
a.  sabun colek               c.  pasta gigi
b. sampo                        d. detergen
3.   Bahan-bahan ini adalah disinfektan untuk pembersih, kecuali ….
a. kresol                b. benzalkonium klorida
c. formaldehid      d. transflutrin
4.   Perhatikan pernyataan berikut ini.
1)  Membersihkan lantai;
2)  membuat lantai menjadi wangi;
3)  membunuh kuman dan bibit penyakit
4)  mengelantang udara.Fungsi pembersih lantai ditujukan oleh pernyataan ….
a.  1), 2), dan 3)           c.  1), 3), dan 4)
b.  1), 2), dan 4)           d.  2), 3), dan 4)
5.   Senyawa klorin adalah bahan kimia pada ….
a.  pewangi                   c.  pemutih  pakaian
b.  pemutih makanan   d.  pembersih lantai  
6.   Berikut adalah bahan kimia untuk pemutih makanan, kecuali ….
a.  aluminium stearat    c. kalium bromat
b.  kalsium iodat          d. asam askorbat
7.   Larvasida adalah insektisida untuk membasmi ….
a.  nyamuk                   c.  serangga dewasa
b.  jentik nyamuk        d.  hama padi
8.   Cara penggunaan insektisida berbentuk pasta adalah .…
a. dioleskan                 c. dibakar
b. disemprotkan          d. dialirkan
9.   Bahan insektisida yang sudah lama digunakan sebagai pembasmi penyakit malaria adalah ….
a. carboryl
b. diazinon insectiside
c.  chlorine hydrocarbon insectiside
d.  kwartener amonium klorin
10.  Dalam bidang industri, bahan kimia digunakan untuk bermacam-macam hal, kecualisebagai bahan ….
a.  baku                    c.  pembakar
b.  pemroses            d.  tambahan
11.  Berikut ini adalah cara membuat plastik, kecuali ….
a.  polimerisasi    c.  polikondensasi
b.  poliuretan       d.  poliadisi
12.  Porselen terbuat dari campuran ….
a.  tanah liat dengan pasir 
b.  pasir kuarsa dengan tanah liat
c.  batu kapur dan semen
d.  kaolin dengan petuntas
13.  Proses kimia pada pembuatan pulp disebut proses soda karena menggunakan ….
a.  Na2CO3                     c.  Mg(HSO3)2
b.  Ca(HSO3)2         d.  NaOH
14.  Pupuk yang mengandung unsur nitrogen  adalah ….
a.  zwavelzure ammonia, urea, double super phosphate
b.  sendawa chili, urea, dan ZA
c.  TS, DS, dan urea
d.  sendawa chili, NPK, dan TS
15.  Berikut ini yang tidaktermasuk insektisida adalah ….
a.  dieldrin       c.  lindane
b.  endrin         d.  molinate

 Kunci Jawaban







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   
                                    Sekolah                      :  SMP Negeri 3 Jabung
                                    Mata Pelajaran            :  IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            :  VIII / 1
                                    Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit
 


Standar Kompetensi 4
Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar  4.2.
Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mengenal macam-macam zat aditif
  2. Siswa memahami penggunaan zat aditif dalam makanan yang menunjang kesehatan
  3. Siswa mengerti arti dan fungsi zat aditif yang ada pada makanan
  4. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh zat aditif pada makanan
  5. Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.    Materi Pembelajaran
Zat Aditif Dalam Makanan
C.    Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                  : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                                    : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran  : Pembelajaran Kooperatif
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu mendengar atau membaca tentang zat yang berbahaya
      dalam makanan
b.      Pengetahuan Prasarat
      Hati-hati jika mengkonsumsi makanan yang terlalu gurih atau
      warnanya menyolok
2.     Kegiatan Inti
a.      Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian zat aditif, macam-macam zat aditif yang terdapat dalam makanan.
b.      Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang sifat zat aditif yang merugikan dan cara menanggulanginya
c.      Melakukan diskusi-informasi tentang sifat berbagai macam bahan kimia dalam rumah tangga
3.     Kegiatan Penutup
a.      Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi
b.      Guru memberi tugas rumah agar siswa mencari bungkus makanan ringan kemudian ditulis kandungan zat aditifnya
E.    Kegiatan Pembelajaran
      Siswa dibuat kelompok kemudian masing-masing kelompok disuruh mencari
      kandungan zat aditif yang terdapat pada kemasan makanan
F.     Sumber Belajar
1.     Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2.     Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir

H.   Kunci Jawaban
 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012

































Lampiran Instrumen Soal Tes PG Kompetensi Dasar  4.2.
1.  Zat aditif adalah zat yang ….
a.   diberikan pada tanaman agar lebih subur
b.   menyebabkan rasa ketagihan untuk mengonsumsinya
c.   ditambahkan untuk menyempurna-kan makanan
d.   mempercepat proses pencernaan makanan
2.  Bahan yang dikandung dan ditambahkan pada makanan disebut ….
a.  komposisi           c.  ambang batas
b.  adisi                    d. expire date
3.  Fungsi pemberian zat pewarna pada makanan, yaitu sebagai berikut.
 1)  Memperoleh penampilan yang menarik;
 2)  memberi rasa manis pada makanan;
 3)  memberi warna pada makanan;
 4)  menentukan kualitas makanan.
Pernyataan yang benar adalah ….
a.  1), 2), dan 3)            c.  1), 3), dan 4)
b.  1), 2), dan 4)            d.  2), 3), dan 4)
4.  Natural colour pada makanan merupakan bahan ….
a.  pengawet secara fisik 
b.  pengawet secara kimia 
c.  pewarna buatan
d.  pewarna alami
5.  Zat pewarna alami yang diambil dari kunyit dan menghasilkan warna kuning dinamakan ….
a.  klorofil                      c. kurkumin
b.  kapxantin                  d.  karamel
6.  Warna yang dihasilkan kapxantin pada pewarnaan makanan adalah ….
a.  merah                            c.  kuning
b.  hijau                             d.  coklat
7.  Berikut ini adalah proses pengawetan makanan secara fisik, kecuali ….
a.  diasinkan                    c.  dikeringkan
b.  diberi asam benzoat   d.  diasapi
8.   Berikut ini adalah beberapa contoh bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan makanan.
1)  Asam benzoat;
2)  nisin;
3)  boraks;
4)  asam cuka
Bahan pengawet yang diperbolehkan untuk mengawetkan makanan adalah ….
a.  1), 2), dan 3)           c.  1), 3), dan 4)
b.  1), 2), dan 4)           d.  2), 3), dan 4)
9.  Berikut ini adalah beberapa pemanis.
1)  Propil galat;
2)  sakarin;
3) gula jawa;
4)  aspartam.
Pemanis buatan ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1), 2), dan 3)             c.  2), 3), dan 4)
b.  1), 3), dan 4)           d.  1), 2), dan 4)
10.   Zat untuk menjaga tingkat keasaman dan pemberi rasa asam pada makanan disebut ….
a.  asidulan                c. flavor
b.  pengempal           d. enhancer
11.  CRS adalah sejenis penyakit akibat penggunaan … secara berlebihan.
a.  MSG                  b.  UHP
c.  DEPC                d.  FDC
12.  Berikut ini termasuk asidulan, kecuali….
a.  amonium bikarbonat
b.  asam sitrat
c.  asam laktat
d.  aluminium silikat
13.   Salah satu contoh bahan antikempal adalah ….
a.  amonium karbonat
b.  aluminium silikat
c.  kalium bromat
d.  gelatin
14.   Pada kaleng buah awetan tertulis JUN.2008.10, artinya buah kaleng itu ….
a.  dikonsumsi setelah tgl 10 Juni 2008
b.  akan diperiksa lagi pada tgl 10 Juni 2008
c.  dikonsumsi sebelum tgl 10 Juni 2008
d.  diberi kode produksi
15.  Berikut ini pewarna makanan yang aman digunakan, kecuali….
a.  black 7984                 b.  biru berlian
c.  riboflavin                   d.  anato







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 12
                                   
                                    Sekolah                      :  SMP Negeri 3 Jabung
                                    Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            : VIII / 1
                                    Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
 


Standar Kompetensi 4
Memahami bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi Dasar 4.3.
Mendeskripsikan sifat pengaruh zat adiktif dan psikotropika
A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
  2. Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
  3. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
  4. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
  5. Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.    Materi Pembelajaran
Zat Adiktif dan psikotropika
C.    Metode Pembelajaran
4.     Pendekatan                  : Pendekatan kontekstual
5.     Metode                                    : Diskusi-informasi
6.     Metode Pembelajaran  : Pembelajaran Kooperatif
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan
       diri
b.      Pengetahuan Prasarat
      Hati-hati jangan sampai mencoba-coba minum minuman keras dan
      obat terlarang
2.     Kegiatan Inti
a.      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
b.      Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
c.      Guru membimbing kepada siswa agar mencari contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
d.     Melakukan diskusi-informasi tentang efek samping dari zat adiktif dan psikotropika
3.     Kegiatan Penutup
a.      Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi
b.      Guru memberi tugas rumah agar siswa mencari informasi tentang zat adiktif dan psikotropika lewat internet
E.    Kegiatan Pembelajaran
      Siswa dibuat kelompok kemudian masing-masing kelompok disuruh mencari
      macam-macam contoh zat adiktif dan psikotropik
F.     Sumber Belajar
1.     Buku Buku Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar : Saeful Karim. dkk 2008 untuk SMP kelas VIII. Jakarta Depdiknas.
2.     Buku-buku Pelajaran yang relevan.
G.  Penilaian.
      1.  Teknik              :  Tes tulis
      2.  Bentuk             :  Tes PG
      3.  Instrumen Soal :  Terlampir
H.   Kunci Jawaban
 




Memeriksa / Menyetujui,
Kepala SMP Negeri 3 Jabung




Urip Haryono, S.Pd. M.M.
NIP. 19640429 198703 1005

Jabung, 27 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran




Aris R. Kurniawan, S.Pd
NIP19710311 200501 1 012

























Lampiran Instrumen Soal Tes PG untuk Standar Kompetensi 4
1.  Obat yang membuat orang menjadi lebih aktif, lebih kuat bekerja, dan menggugah semangat sehingga merasa tidak lelah digolongkan sebagai ….
a. euphoria      c.  stimulan 
b. depresan     d.  psikoaktif
2.  Halusinogen adalah obat yang menyebabkan pemakainya akan merasa ….
a.  kuat, aktif, dan tidak lelah
b.  tenang, tidak stres, dan percaya diri
c.  gembira, bergairah, dan tidak mengalami hambatan
d.  ringan, nikmat, dan melayang-layang ringan
3.  Kafein adalah zat adiktif yang terdapat dalam ….
a.  teh                 c.  alkohol
b.  tembakau      d.  asam sitrat
4.  Suatu zat adiktif mempunyai sifat sebagai berikut.
1)  Senyawa organik yang mengandung nitrogen;
2)  berwujud cairan bening;
3)  jika terkena udara akan berwarna kecoklatan;
4)  menyebabkan adiksi.
Zat tersebut adalah ….
a.  kafein                  c.  stimulan
b.  nikotin                d.  diazepam
5.  Berikut ini pernyataan-pernyataan tentang alkohol.
1)  Mempunyai rumus molekul C2H5OH;
2)  dapat larut dalam air;
3)  berwarna;
4)  diperoleh dengan fermentasi.
Pernyataan yang benar adalah ….
a.  1), 2), dan 3)
b.  1), 3), dan 4)
c.  1), 2), dan 4)
d.  2), 3), dan 4)
6.  Berikut ini yang termasuk golongan generalized depresanadalah ….
a.  kokain                    c.  amphetamine
b.  LSD                       d.  volatile
7.  Suatu obat psikotropika yang digunakan untuk menekan nafsu makan, pengobatan narkolepsi, dan depresi adalah ….
a.  generalized depresan     c. stimulan 
b.  halusinogen                   d. euphoria
8.  Beberapa obat terlarang, seperti LSD, canabis, marijuana, dan hashishtermasuk obat jenis ….
a.  halusinogen   b. stimulan 
c. depresan         d. generalized depressan
9.  Acquired Daily Intake (ADI) adalah ukuran ….
a.  jumlah zat pengawet yang aman pada makanan
b.  batas pemberian obat dalam sehari dengan satuan mg
c.  yang aman untuk mengonsumsi obat dengan tanggal tertentu
d.  jumlah mg obat yang diberikan untuk sekali minum
10.  Berikut ini adalah beberapa akibat penggunaan narkotika, kecuali….
a.  mengganggu kerja paru-paru karena endapan tar
b.  menimbulkan adiksi yang tidak tertahankan
c.  menimbulkan toleransi
d.  menumpulkan saraf pada tubuh
11.  Tanaman ganja termasuk ….
a.  narkotika golongan I
b.  narkotika golongan II
c.  generalized depresan
d.  stimulan
12.  Gejala putus narkotika akan menimbulkan
1)  semangat;
2)  gelisah;
3)  sukar tidur;
4)  hidup sehat.
 Pernyataan yang benar adalah ….
a.  1) dan 2)                  c.  2) dan 3)
b.  1) dan 3)                  d.  2) dan 4)
13.  Berikut ini beberapa penyakit akibat kebiasaan minum alkohol, kecuali….
a.  sirosis hati      c.  merusak saraf
b.  kanker mulut  d.  batuk terus-menerus
14.  Pengaruh nikotin terhadap fisik manusia adalah
1)  penyempitan arteri;
2)  penglihatan menjadi kabur;
3)  tidur nyenyak;
4)  tubuh semakin gemuk.
 Pernyataan yang benar adalah ….
a.  1) dan 2)       c.  2) dan 3) 
b.  1) dan 3)       d.  2) dan 4)
15.  Khasiat suatu obat yang dicantumkan dalam kemasan obat disebut ….
a.  kontra indikasi
b.  indikasi
c.  kerja ikutan
d.  expire date


test banner